by

Kebiasaan Hidup Sehat Diajarkan di Pesantren

Jarrakposjakarta.com/Pesantren – Hari Santri Nasional 2019 jatuh beberapa hari yang lalu. Menerapkan pola hidup sehat menjadi hal penting bagi setiap manusia, tak terkecuali di lingkungan pesantren dan bukan rahasia lagi jika banyak aturan yang diterapkan di pesantren baik aturan berpakaian maupun bergaul bahkan mengenai pola hidup sehatpun ikut diterapkan.

Pola hidup sehat yang diterapkan di pesantren sudah menjadi kebiasaan yang tak bisa dilupakan oleh para alumni dan masih diterapkan hingga kembali kemasyarakatan. Banyak cerita soal itu yang membekas dalam kenangan para santri yang pernah menjalaninya.

Salah seorang santri di Pesantren Di daerah sekitar DKI menuturkan beberapa kebiasaan penting dalam menjaga kesehatan selama menjalani pendidikan di sana, di antaranya:

1. Pola Makan Teratur

Menjaga pola makan adalah kebiasaan yang menjadi kebutuhan untuk setiap orang yang ingin selalu menjaga kesehatan diri. Terlebih lagi bagi para santri yang memiliki jadwal makan yang ditentukan oleh pesantren dari waktu makan hingga waktu berolahraga.

2. Mandi Sebelum Subuh

Selain menjaga pola makan, kalangan santri juga dianjurkan untuk mandi sebelum subuh. Ternyata mandi sebelum solat subuh memiliki beberapa manfaat seperti memperlancar aliran darah, dan salah satu sunnah nabi Muhammad dalam menjaga kebugaran tubuhnya.

3. Puasa Senin-Kamis

Bagi para santri puasa Senin-Kamis sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan. Selain menjalankan ibadah puasa juga dapat menjadikan tubuh lebih sehat. Manfaat puasa salah satunya membersihkan racun (detoksifikasi) dalam tubuh.

4. Berolahraga

Menjaga kebugaran jasmani menurut para santri diterapkan dengan rajin berolahraga bahkan dalam kegiatan ibadah sholat ada unsur gerakan olahraga dan bagi para santri menjalankan sholat wajib 5 kali dalam satu hari. Hal ini untuk menjaga fisik tetap sehat meski banyak kegiatan yang dilakukan.

Ternyata bukan hanya ilmu agama yang di dapatkan di dalam pesantren namun ada sikap disiplin dalam menjalankan rutinitasnya banyak unsur-unsur menjaga kesehatan diri.(Gebe’es)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed