by

Ketua PN Jakarta Pusat Isi Waktu Luang Dengan Jadi Dalang Wayang Kulit

 

Jarrakposjakarta.com/Wayangkulit – “sak duwur-duwure Sinau Ojo lali nek awaek Iki tetep wong jowo, umpamak ke kacang ojo lali Karo lanjaran, Ojo lali Karo bumi seng ngelahirke”

Pesan Hamengku Buwono IX ini menjadi landasan seorang DR.Yanto SH. MH Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, walau pun sekarang dirinya menjadi seorang pejabat negara namun kecintaan pada tanah leluhur dan budaya nya tidak luntur sedikit pun, ini terbukti di waktu senggangnya sebagai hakim PN masih sempat meluangkan waktu menampilkan gelar budaya Jawa dengan mengelar pagelaran wayang kulit di halaman rumahnya yang terletak di Dusun Pandanan, Desa Sumberejo, Semin, Gunungkidul.

Yanto panggilan akrabnya ini memang sangat mengapresiasi kebudayan Jawa baik seni ketoprakan maupun wayang kulit.

“Banyak yang bertanya kepada saya kenapa mengadakan acara wayangan malam ini, saya menjawab ini untuk melestarikan kebudayaan Jawa yang semakin lama banyak di tinggalkan dikarenakan derasnya arus teknologi sekarang ini, dan saya sering mengelar acara seperti ini, kebetulan saya senggang saya pulang kampung mengadakan wayang kulit sambil ketemu dengan masyarakat dan kawan-kawan sekolah masa lalu,” ungkapnya.

Tak tangung-tangung Yanto juga mendalangi sendiri pagelaran wayang kulit yang mengambil lakon Wahyu Sri Makhutarama dan menampilkan bintang tamu Agiek sinden berwarganegara Hungaria Jumat (20/19/09).

Yanto hakim yang memimpin persidangan Setya Novanto dalam kasus e-KTP dan beberapa peradilan Tipikor ( tindak pidana korupsi) ini menegaskan dirinya sangat bangga menjadi orang Gunungkidul dan orang Semin.

“Saya bangga menjadi orang Gunungkidul, apa lagi Semin sekarang sangat maju baik masyarakat nya dan pembangunannya, saya rasa jalan paling bagus itu di Gunungkidul, saya sangat mengapresiasi langkah pemerintah Gunungkidul, bupatinya the best,” tegasnya.

Di singgung mengenai agenda pilbup tahun 2020 mendatang lelaki kelahiran Gunungkidul 56 lalu ini hanya menyerahkan kepada pilihan masyarakat, Yanto berpesan agar siapapun pemimpin Gunungkidul kedepan tetap memperhatikan pembangunan Gunungkidul baik pembangunan instruktur maupun pembangunan karakter masyarakat nya.

“Siapa pun pemimpinya saya tetap berharap beliau-beliau mampu berbuat yang terbaik buat Gunungkidul,” harapnya.

Dalam pagelaran wayang kulit Jumat malam terlihat hadir Kadiv Propam Irjen pol Drs. Listyo sigit Prabowo M.Si Kapolda DIY dan Kapolres Gunungkidul, juga nampak hadir rekan-rekan sejawatnya.

Selain menjabat Ketau PN Jakarta Pusat, saat ini DR.Yanto SH.MH juga sebagai dosen tetap pasca sarjana di beberapa universitas ternama diantaranya universitas Jayabaya, universitas Janabadra, dan universitas Nasional. (Gebe’es)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed